Nobel itu apa sih?

Nobel adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat oleh Swedish Academy  ( Royal Swedish Academy of Sciences Karolinska Institutet Norwegian sebagai Nobel Committee.

Alfred Nobel
Alfred Nobel (Wikipedia)

Penghargaan Nobel ini dianugrahkan kepada mereka berdasarkan wasiat dari Alfred Nobel seorang kimiawan, insinyur, dan pebisnis asal Swedia yang menemukan dinamit. Dalam surat wasiatnya, dia memberikan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel. Dalam wasiatnya beliau menulis bahwa banyak dari kekayaannya bisa dipakai memberi hadiah kepada yang telah melakukana komite, usaha kemanusiaan di bidang fisika, kimia, sastra, perdamaian, fisiologi dan obat-obatan. Namun tidak semua orang menyukai hal ini. Surat wasiatnya ditentang dan dipersoalkan pihak berwenang di sejumlah negara, dan memakan empat tahun bagi pengawasnya meyakinkan semua pihak untuk memenuhi harapan Alfred.

Akhirnya pada tahun 1901, hadiah pertama Nobel dalam fisika, kimia, sastra, fisiologi dan obat-obatan dibagikan di Stockholm, Swedia dan Hadiah Nobel Perdamaian di Kristiania (sekarang Oslo), Norwegia.

Nobel Prize Award Ceremony
Nobel Prize Award Ceremony (nobelprize.org)

Setiap tahunnya penghargaan ini diberikan pada tanggal 10 Desember. Adapun komite yang bertanggung jawab menyeleksi dan memberikan penghargaan Nobel, yaitu untuk bidang fisika dan kimia adalah The Royal Swedish Academy of Science, Karolinska Institute bertanggung jawab pada bidang Fisiologi dan Kedokteran, untuk sastra yaitu The Swedish Academy, dan The Norwegian Nobel Committee yang ditunjuk oleh Parlemen Norwegia untuk hadiah Nobel Perdamaian. Satu lagi penghargaan yang diberikan oleh Bank Swedia untuk bidang Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel, yang bukan bagian dari kehendak Nobel tapi dimulai pada tahun 1969 oleh Sveriges Riksbank, Bank of Sweden. Setiap pemenang penghargaan Nobel mendapatkan medali, sertifikat, dan sejumlah uang yang mencapai lebih dari 1 juta Euro.

Ada sejumlah fakta menarik dari beberapa penerima penghargaan Nobel. Salah satunya adalah Marie Curie, perempuan penemu radioaktif ini menerima Nobel Prize pertama pada tahun 1903 di bidang Fisika dan pada tahun 1911 di bidang Kimia atas penemuan radium murni. Selain itu suami Marie Curie, Pierre Curie juga mendapat Nobel Prize di bidang Fisika pada taun 1903, disusul putrinya, Irene Joliot-Curie untuk bidang Kimia tahun 1935.

Marie Curie
Marie Curie (nobelprize.og)

Selain itu ada juga beberapa orang terkenal yang ditunjuk sebagai penerima penghargaan Nobel, seperti Martin Luther King Jr. untuk Nobel Perdamaian tahun 1964 serta Nelson Mandela yang membela hak-hak sipil di Afrika Selatan diganjar Nobel Prize pada tahun 1973 bersama dengan F.W. de Klerk. Yang terakhir adalah orang termuda yang pernah mendapatkan penghargaan Nobel, yaitu perempuan dari Pakistan bernama Malala Yousafzai yang didaulat menjadi pemenang Nobel bidang Perdamaian pada tahun 2014.

sumber

  • wikipedia
  • https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/tips-parenting/nobel-itu-apa-sih-ma.html

loading...

Mahasiswa Fisika UNM Makassar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: